Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

6 Fakta Lautan, Lautan Si Biru Yang Misterius

3 min read
6 Fakta Lautan, Lautan Biru Yang Misterius
70 persen permukaan Bumi diselimuti oleh lautan yang menyimpan banyak misteri di dalamnya. Hingga saat ini, hanya 5 persen lautan yang telah dieksplorasi oleh manusia. 95 persen lainnya tetap menjadi misteri sampai hari ini. Hal ini hanyalah sebagian kecil dari fakta lautan yang mungkin belum banyak diketahui. Oleh karena itu, bersiaplah untuk lebih tercengang lagi dengan fakta-fakta mengejutkan seputar laut lainnya, seperti ketujuh fakta berikut ini

1 . Lautan mengandung begitu banyak emas

41888 tambang emas pt antam di pongkor - 6 Fakta Lautan, Lautan Si Biru Yang Misterius

Tahukah kalian bahwa lautan mengandung 20 juta ton emas? eittss.. Namun, tunggu dulu, emas yang dimaksud tidak dalam bentuk batangan ataupun bongkahan ya guys, melainkan sangat terlarut dalam air sehingga nyaris tak terlihat.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) memperkirakan jika seluruh emas yang terkandung dalam lautan diekstrak dan dibagikan kepada penduduk Bumi, maka seorang akan memperoleh emas kurang lebih seberat 4 kg loh!

Baca Juga : Sedang Cari Ikan Sarden, Ilmuwan Ini Malah Ditelan Ikan Paus

2 . Tekanan Palung Mariana 1000 kali lebih kuat dibanding tekanan atmosfer standar

1 7 Lubang Terbesar Di Bumi Yang Terbentuk Secara Misterius - 6 Fakta Lautan, Lautan Si Biru Yang Misterius

Palung Mariana (Mariana Trench) merupakan titik terdalam di Bumi, yaitu hampir 11 ribu meter dalamnya. Saking dalamnya, tekanan di dasar palung dapat mencapai 1000 kali lebih kuat dibanding tekanan atmosfer standar. Kedalaman dari palung ini setara dengan 35 kali dari tinggi menara Eiffle. Tanpa perlengkapan yang memadai, orang dapat dengan mudah terhancurkan di bawah tekanan sebesar itu.

James Cameron, sutradara Titanic, merupakan satu dari sedikit orang yang pernah melakukan perjalanan ke dasar Palung Mariana. Dengan kapal selam berbentuk torpedo, Cameron menyelam selama 2.5 jam untuk mencapai dasar Palung Mariana pada tahun 2012. Perjalanannya memang berhasil, namun beberapa bagian kapal selamnya mengalami kerusakan akibat tekanan yang terlalu kuat.

3 . Fakta Paus Biru merupakan hewan terbesar di planet ini

5461835234 d7233608b2 b - 6 Fakta Lautan, Lautan Si Biru Yang Misterius

Seekor paus biru umumnya memiliki panjang tubuh hingga 30 meter dengan bobot maksimum mencapai 173 ton, menjadikannya hewan terbesar di dunia yang pernah ada. Jantung paus ini bahkan seukuran dengan mobil, lho. Namun sayangnya, karena perburuan dan pemanasan global, populasi paus biru saat ini mulai terancam.

4 . Herbert Nitsch adalah pemegang rekor freedicing terdalam di dunia

herbert2 grid uproxx - 6 Fakta Lautan, Lautan Si Biru Yang Misterius

Freediving adalah teknik menyelam tanpa alat bantu napas apapun. Artinya, penyelam hanya mengambil satu tarikan napas sebelum menyelam sedalam yang ia bisa.

Herbert Nitsch adalah seorang penyelam yang menyandang status sebagai”The Deepest Man on Earth”. Penyelam asal Austria tersebut berhasil memecahkan rekor dengan menyelam hingga sedalam 214 meter pada tahun 2007. Ia kembali memecahkan rekor dalam no limit freediving di tahun 2012 tatkala ia menyelam hingga kedalaman 253.2 meter. Kuat banget ya ia menahan napasnya.

Baca Juga : Kenali 6 Gejala Ringan Positif Terkena Virus Corona

5 . Sungai bawah laut benar adanya!

sungai di bawah laut 20150507 162930 - 6 Fakta Lautan, Lautan Si Biru Yang Misterius

Hal ini tidak hanya terjadi di film-film kartun ya, gengs, namun benar-benar ada di dunia nyata. Pertemuan air asin dengan hidrogen sulfat membentuk sebuah lapisan yang lebih padat (dense) dibandingkan air di sekitarnya, sehingga terbentuklah sungai bawah laut.

Salah satu sungai bawah laut yang paling terkenal terletak di Semenanjung Yukatan di Meksiko. Meskipun tampak seperti air laut pada umumnya dari permukaan, namun kalian akan menemukan sebuah sungai bawah laut ketika mencapai kedalaman 18 meter yang bernama Cenote Angelita.

6 . Banyak suara misterius yang berasal dari dalam lautan planet ini

700  0004 bermudatriangle - 6 Fakta Lautan, Lautan Si Biru Yang Misterius

Lautan juga menghasilkan suara-suara misterius yang belum diketahui secara pasti dari mana asalnya. Salah satu suara misterius dari laut yang paling terkenal adalah “The Bloop” yang terekam pada tahun 1997. Suara tersebut menjadi suara terkencang dari laut yang pernah terekam.

Suara misterius yang terdengar di bagian selatan Samudera Pasifik tersebut kemudian menimbulkan banyak spekulasi. Ada yang beranggapan bahwa suara itu berasal dari hewan laut. Namun, suara tersebut dianggap terlalu kencang untuk dapat dihasilkan oleh hewan. Selain itu, ada juga yang berspekulasi bahwa “The Bloop” berasal dari pergerakan glasier.

Kira-kira kalian lebih percaya pada spekulasi yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *