Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

5 Kelemahan Virus Corona Yang Wajib Kamu Tahu!

2 min read
5 Kelemahan Virus Corona Yang Wajib Kamu Tahu!

5 Kelemahan Virus Corona Yang Wajib Kamu Tahu! – Banyak orang khawatir tentang penyebab wabah virus corona yang semakin menulari manusia di seluruh dunia.

Rasa khawatir ini memang sangat diperlukan setiap orang agar selalu waspada. Namun jika berlebihan tentu akan menjadi beban pikiran yang menyebabkan turunnya daya tahan tubuh.

Agar itu tidak terjadi, anda harus tahu bahwa virus corona memiliki kelemahan.

Kelemahan ini bisa anda manfaatkan sebagai antisipasi penularan virus corona, sehingga anda bisa membagikan tips ini kepada keluarga agar terhindar dari resiko tersebut. Para ilmuan sejauh ini sudah cukup banyak meneliti dan merbarekomendasi petugas kesehatan dengan menyusun tata cara mencegah penularan covid-19 dengan berbagai upaya.

Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran orang banyak karena sampai saat ini belum ada vaksin yang dikhususkan untuk mengatasi penyakit ini.

Lalu sebenarnya apa saja kelemahan virus corona? berikut dibawah ini :

1. Sabun

Dengan menggunakan sabun yang sehari hari kita gunakan virus corona dapat hancur dan mati dengan begitu mudahnya. Pada umumnya sabun adalah pelarut lemak yang sering kita gunakan untuk membersihkan sesuatu. Itulah sebabnya dari dokter maupun pemerintah selalu menganjurkan kita untuk rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Ikutilah imbauan dari pemerintah dengan rajin mencuci tangan sebagai pencegahan utama yang sangat efektif mengurangi dan menghilangkan resiko penularan covid-19.

2. Antibodi

Orang yang terpapar virus corona biasanya dapat dengan sembuh sendiri selama daya tahan tubuhnya terus terjaga dengan baik. Hal itu sebelumnya telah dilakukan penelitian yang mendalam dari salah satu kelemahan covid-19 adalah menghadapi antibodi.

Hingga saat ini memang masih dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam terkait peperangan virus corona melalui antibodi. Hal itu bisa dijadikan acuan untuk kita agar selalu menjaga daya tahan tubuh dengan menjalani gaya hidup yang sehat.corona virus 300x186 - 5 Kelemahan Virus Corona Yang Wajib Kamu Tahu!

3. Disinfektan

Virus corona sendiri memang adalah sejenis virus seperti SARS, MERS dan COVID-19.

Diantara virus tersebut memiliki banyak kesamaan yaitu menyerang sistem pernafasan. Virus corona juga sangat lemah ketika menghadapi disinfektan.

Berdasarkan penelitian yang kredibel, virus SARS dan MERS bisa bertahan pada permukaan seperti kaca, metal dan plastik hingga beberapa hari.

Kabar baiknya, virus sejenis tersebut dapat di hilangkan dengan bahan disinfektan yang memiliki kadar alkohol 60-70%, hidrogen peroksida 0,5%, atau sodium hipoklorit 0,1% dalam waktu 1 menit.

4. Suhu Panas

Memang belum ada penelitian yang menyebutkan jika virus covid-19 ini dapat hilang ketika berhadapan dengan panas. Namun, jika dilihat dari penyakit SARS ini terbukti bisa melemah apabila terkena suhu yang panas.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), virus penyebab SARS bisa terbunuh pada suhu 56°C.

5. Tidak bisa bertahan lama dipermukaan

Virus corona memang bisa bertahan beberapa hari di permukaan. Namun, seiring berjalannya waktu, virus ini tidak lagi cukup kuat untuk bisa menimbulkan inffeksi.

Sehingga baik WHO maupun Kementerian Kesehatan RI tidak melarang pengiriman paket antar negara karena risiko penularan melalui media pengiriman paket tersebut sangatlah rendah.

Kelemahan virus corona patut diketahui agar Anda bisa memahami cara mencegah penularan Covid-19 dan bukan untuk meremehkan virus ini. Selalu lakukan pencegahan di berbagai tempat dan waktu, agar risiko terkena virus ini tetap rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *