Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

3 min read
Perhatikan Waktu Membersihkan Wajah

Perhatikan Waktu Membersihkan Wajah

Ituaja.com – Masalah kulit berminyak dapat dialami siapa saja. Minyak yang berlebih di kulit wajah dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Berbagai perawatan pun dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan, penggunaan bahan alami hingga penggunaan berbagai skincare.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara mengatasi wajah berminyak, Merdeka.com telah merangkum cara mengatasi wajah berminyak dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Perhatikan Waktu Membersihkan Wajah

Cara mengatasi wajah berminyak yang pertama yaitu memperhatikan waktu membersihkan wajah. Cuci wajah Anda dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Selain itu, cuci wajah Anda usai beraktivitas berat hingga membuat wajah berkeringat banyak. Pilihlah sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit berminyak. Gosok perlahan dan lembut untuk mencegah iritasi.

Cermat Memilih Produk Perawatan Wajah

Cara mengatasi wajah berminyak yang kedua yaitu cermat memilih produk perawatan wajah. Ketika memilih produk perawatan wajah, pastikan produk tersebut ‘oil fee’ atau ‘non comedogenic’.

Anda juga dapat memilih produk yang dapat mengurangi minyak berlebih hingga mengecilkan pori-pori. Tetap berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah untuk menghindari munculnya komedo atau bahkan jerawat.

Menggunakan Sunscreen

Sunscreen muka - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Cara mengatasi wajah berminyak yang ketiga yaitu menggunakan sunscreen atau tabir surya. Sunscreen memiliki banyak manfaat untuk wajah.

Beberapa manfaat sunscreen di antaranya untuk mencegah komedo, mencegah kulit terbakar, mencegah penuaan dini, meratakan warna kulit hingga mencegah kanker kulit.

Pastikan untuk memiliki produk sunscreen yang bebas minyak dan memiliki SPF minimal 30. Selain itu, pilih produk sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.

Menggunakan Kertas Minyak

Kertas Minyak - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Cara mengatasi wajah berminyak yang keempat yaitu dengan menggunakan kertas minyak. Kertas minyak sangat membantu seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak, terlebih ketika sedang berada di luar ruangan.

Kertas minyak dapat membantu menyerap minyak yang berlebih di wajah. Cara penggunaan kertas minyak pun cukup mudah.

Anda hanya perlu menempelkan kertas minyak ke area wajah yang dirasa berminyak. Diamkan beberapa saat lalu angkat kertas tersebut. Kulit wajah akan terlihat tak terlalu berminyak.

Lakukan Facial Steam Secara Rutin

Facial Steam - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Cara mengatasi wajah berminyak yang kelima yaitu dengan melakukan facial steam secara rutin. Face steam memiliki banyak manfaat bagi wajah. Face team dapar membantu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori, termasuk juga minyak.

Untuk melakukan facial steam, Anda hanya perlu menyiapkan baskom berisi air hangat. Kemudian arahkan wajah ke atas baskom untuk mendapat uap hangat selama kurang lebih 3-4 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin agar wajah bersih dan sehat.

Menggunakan Pelembap yang Tepat

Pelembap muka - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya yaitu dengan menggunakan pelembap yang tepat. Pilihlah produk pelembap yang bebas minyak dan ringan di kulit.

Pelembap diperlukan untuk melindungi kulit dari efek penuaan yang diiringi dengan bertambahnya usia. Gunakan pelembap dua kali sehari untuk merawat kulit agar tetap sehat.

Menggunakan Irisan Mentimun

potongan mentimun - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Mentimun telah dikenal lama memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya membantu mengatasi wajah berminyak.

Cara mengaplikasikan irisan mentimun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan irisan timun yang didinginkan. Kemudian gosok perlahan di area wajah yang berminyak. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Menggunakan Es Batu

es batu - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Es batu tak hanya digunakan sebagai pelengkap minuman. Es batu juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya membantu mengatasi wajah berminyak.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan es batu di area wajah yang berminyak. Diamkan selama 20-30 menit.

Selain mengatasi wajah berminyak, es batu juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan yaitu mengurangi radang jerawat, menghidrasi kulit, menghilangkan lingkar bawah mata hingga mencerahkan wajah.

Menggunakan Masker Putih Telur

masker putih telor - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Masker putih telur juga dapat membantu mengatasi wajah berminyak. Masker telur diketahui dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Selain itu, masker telur juga dapat mencerahkan wajah secara alami.

Untuk mengaplikasikan masker telur, campurkan telur dan sedikit madu. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Minum Air Putih yang Cukup dan Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

makanan berminyak - 11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat

Untuk mendapat kulit yang segar dan sehat, Anda perlu memperhatikan konsumsi air putih setiap harinya. Konsumsi air putih yang cukup dan hindari minuman beralkohol dan bersoda.

Selain itu, kurangi mengonsumsi makanan berminyak seperti goreng. Makanan yang tinggi garam dan gula juga sebaiknya dikurangi. Makanan berminyak diketahui dapat berdampak pada produksi minyak yang berlebih di wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *